Visi, Misi, dan Tujuan PS-MSKI FAH

VISI PROGRAM STUDI MAGISTER SEJARAH DAN PERADABAN ISLAM

Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam (PS-MSKI) menjadi salah satu program magister terkemuka di Asia pada tahun 2024 melalui integrasi dan kontekstualisasi ilmu sejarah dan kebudayaan Islam dalam perspektif keislaman dan keindonesiaan.

MISIĀ PROGRAM STUDI MAGISTER SEJARAH DAN PERADABAN ISLAM

  1. Melaksanakan pendidikan di bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam dengan memperkuat basis riset dan mengintegrasikan teori dan metodologi keilmuan dalam perspektif keislaman dan keindonesiaan.
  2. Mengembangkan kajian di bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam secara kritis, kontekstual, dan inovatif sesuai dengan dinamika yang berkembang di masyarakat.
  3. Mengembangkan budaya akademik dan keilmuan dengan basis Islam Keindonesiaan dan Islam Universal (Rahmatan lil Alamin) yang moderat dan humanis.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya di bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam, baik untuk kebutuhan akademik, profesi, maupun pengembangan terkiat keilmuan di masyarakat.

TUJUANĀ PROGRAM STUDI MAGISTER SEJARAH DAN PERADABAN ISLAM

  1. Mewujudkan pendidikan berbasis riset di bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam dengan memanfaatkan beberapa referensi keilmuan dan data-data yang valid dan terukur.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan bidang keilmuan secara kritis, kontekstual, dan inovatif sesuai dengan dinamika yang berkembang di masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan bidang kesejarahan dan kebudayaan Islam dalam konteks Islam Keindonesiaan dan Islam Universal (Rahmatan lil Alamin) di tengah-tengah masyarakat Islam yang majemuk dan plural.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdi dan berperan di masyarakat secara positif dan produktif sehingga terbentuk perubahan ke arah yang lebih baik dan positif.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN (di bawah belum diedit)

  1. Terciptanya kurikulum PS-MSKI FAH dengan penguatan paradigma keilmuan berbasis integrasi dan kontekstualisasi secara lebih baik pada tahun ajaran berikutnya.
  2. Peserta didik (mahasiswa) bisa menyelesaikan studi tepat waktu dengan indeks prestasi yang baik (IPK 3.5 ke atas).
  3. Meningkatnya kegiatan ilmiah dan karya terpublikasi di kalangan mahasiswa PS-MSKI.
  4. Peningkatan kualifikasi tenaga pendidik (dosen) PS-MSKI FAH.
  5. Peningkatan kegiatan akademik, publikasi ilmiah, dan pengabdian pada masyarakat oleh tenaga pendidik (dosen) PS-MSKI.
  6. Meningkatnya jaringan kerja sama antarlembaga, baik pada level nasional, regional, maupun internasional.
  7. Memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang mendukung percepatan dan kemajuan PS-MSKI.
  8. Peningkatan dan Pengembangan mutu akademik.

Selain itu, PS-MSKI juga melakukan kegiatan survey terkait tingkat pemahaman sivitas akademika dan tenaga kependidikan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dijalankan. Laporan kegiatan survey ini bisa diunduh di sini.