Sejarah

Gedung FAH UIN Jakarta

Sejak tahun 2011, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah membuka Program Studi (Prodi) Megister (S2)  dengan dua jurusan: Bahasa dan Sastra Arab & Sejarah dan Kebudayaan Islam. Dengan dibukanya kedua jurusan ini, diharapkan para peserta didik yang sudah menyelesaikan studi Sarjana (S1), bisa melanjutkan ke jenjang Magister (S2) dengan penambahan dan pendalaman intelektualisme pada kedua jurusan tersebut. Di bawah bimbingan para staf pengajar (dosen) yang bergelar prosefor dan doktor, Prodi Magister ini diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang kreatif, kritis, dan produktif dalam merespons berbagai dinamika kehidupan kemanusiaan di masyarakat.

Pada 29 Desember 2011, izin pembukaan Program Studi Magister FAH untuk kedua jurusan itu (Bahasa dan Sastra Arab serta Sejarah dan Kebudayaan Islam) akhirnya keluar melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: Dj.I/1876/2011 tentang Izin Pembukaan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Tahun 2011. Selanjutnya bisa dibuka di sini.

Saat ini, kedua jurusan tersebut telah sedang menuju tahap hasil visitasi akreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Awal visitasi sudah dilaksanakan pada 9 Juni 2014 lalu, dan kini masih menunggu jadwal visitasi berikutnya dari BAN-PT agar kedua jurusan ini memperoleh akreditasi yang baik dan memuaskan.