Visi dan Misi Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab

VISI PROGRAM STUDI MAGISTER BAHASA DAN SASTRA ARAB

Tahun 2023 Program Studi Magister Bahasa dan Sastra Arab (PS-MBSA) menjadi Program Studi Magister terkemuka di Asia Tenggara melalui integrasi dan kontekstualisasi ilmu bahasa dan sastra Arab dengan keislaman dan keindonesiaan.

MISI PROGRAM STUDI MAGISTER BAHASA DAN SASTRA ARAB

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bahasa dan Sastra Arab berbasis kompetensi dan penelitian.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang bahasa dan Sastra Arab dengan pendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner dan berhubungan dengan Keislaman dan Keindonesiaan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan Sastra Arab, baik untuk kepentingan akademik maupun professional.
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan non
    kependidikan dalam rangka peningkatan mutu dan rekognisi nasional
    dan regional

TUJUAN PROGRAM STUDI MAGISTER BAHASA DAN SASTRA ARAB

Menghasilkan Magister Bahasa dan Sastra Arab yang memiliki pemahaman dan wawasan keislaman yang komprehensif, mempunyai kompetensi akademik dan profesional baik sebagai akademisi, peneliti, maupun filolog, dan berakhlak mulia.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

SASARAN TAHUN PENCAPAIAN STRATEGI

PENCAPAIAN

2014 2015 2016 2017 2018
MENINGKATNYA KUALITAS PEMBELAJARAN
1.     Prosentase kesempuranaan kurikulum, silabi, RPS, dan bahan ajar yang berbasis kompetensi dan riset dan didukung media pembelajaran dengan monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan 80% 85% 90% 95% 100% Penguatan kualitas akademik melalui kegiatan studium generale, seminar, workshop
2.     Terdistribusikannya beban kerja dosen dan terjadwalnya perkuliahan tiap semester 100% 100% 100% 100% 100% Penyiapan SOP
3.     Terkumpulnya daftar hadir mahasiswa, soal ujian, dan berita acara ujian UAS 100% 100% 100% 100% 100% Penyiapan SOP
4.     Adanya layanan akademik yang optimal dan memuaskan (skala 4) 3,5 3,55 3,6 3,65 3,7 Pelatihan kompetensi tenaga kependidikan
5.     Indeks kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen (skala 4) 3,5 3,55 3,6 3,65 3,7 Pelatihan peningkatan kompetensi dosen
6.     Jumlah prestasi akademik mahasiswa berskala nasional 2 3 4 6 8 Pelatihan dan pembinaan akademik mahasiswa
7.     Jumlah prestasi akademik mahasiswa berskala internsional 2 4 6 8 10 Pelatihan penguatan kemampuan bahasa Arab dan Inggris mahasiswa
8.     Prosentase mahasiswa lulus tepat waktu dengan IPK 3,25 50% 55% 60% 65% 70% Intensitas bimbingan dan koleksi perpustakaan riset
9.     Prosentase lulusan yang memiliki pola pikir integratif dan kontekstualisasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan 65% 70% 75% 80% 85% Pelatihan dan pembinaan paradigma berpikir integratif dan kontekstual melalui workshop dan seminar
TERCAPAINYA KUALITAS PENELITIAN
10. Jumlah peneltian dosen yang mengintegrasikan dan mengkontekstualisasikan Bahasa dan Sastra Arab dengan Keislaman dan Keindonesiaan 6 6 6 6 6 Pendampingan penulisan proposal dengan paradigma integratif dan kontekstual
11. Jumlah publikasi di jurnal nasional dan/atau Internasional yang mengintegrasikan dan mengkontekstualisasikan Bahasa dan Sastra Arab dengan Keislaman dan Keindonesiaan 4 6 8 10 12 Pendampingan penulisan artikel layak terbit di jurnal terakreditasi nasional
12. Jumlah publikasi di jurnal nasional dan/atau Internasional yang terkemuka dengan menggunakan pendekatan interdisipliner  dan/ atau multidisipliner 4 6 8 10 12 Pendampingan penulisan artikel layak terbit di jurnal berreputasi internasional
13. Jumlah publikasi ilmiah dan karya lain yang mendapat HAKI 2 3 4 5 6 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
14. Jumlah dana penelitian (dalam jutaan) 300 400 500 600 700 Peningkatan dana penelitian dosen
TERCAPAINYA KEPUASAN PENGGUNA
15. Tingkat kepuasaan pemberi kerja terhadap lulusan (skala 4) 3,4 3,45 3,5 3,55 3,6 Peninjauan kurikulum dan peningkatan kompetensi mahasiswa
16. Prosentase jumlah mitra yang bekerjssama dalam bidang akademik 40% 45% 50% 55% 60% Implementasi MoU dan peningkatan komitmen bersama
ADANYA PENGAKUAN MASYARAKAT
17. Meningkatnya jumlah mahasiswa 20 25 35 40 55 Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan promosi
18. Jumlah tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/ pelatihan, pembicara tamu dari luar 6 7 8 9 10 Penyelenggaraan studium generale, seminar, workshop, international conference
19. Jumlah dosen yang menjadi narasumber dalam workshop, studium generale, seminar tingkat nasional 6 6 6 6 6 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
20. Jumlah dosen yang menjadi narasumber dalam workshop, studium generale, seminar tingkat internasional 2 3 4 5 6 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
21. Jumlah dosen yang berperan dalam masyarakat sebagai pakar/konsultan/staf ahli/nara sumber 6 6 6 6 6 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
22. Jumlah dosen yang menjadi anggota asosiasi profesi/ keilmuan 6 6 6 6 6 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
23. Jumlah dosen yang ikut melaksanakan visiting professor/sabbatical leave/joint resersch 2 2 2 2 3 Peningkatan dana dan pelatihan riset dosen
24. Jumlah prestasi/reputasi dosen 8 10 12 18 24 Pemberian bantuan finansial dan non-finansial
25. Jumlah tenaga kependidikan yang memiliki soft skill Penyelenggaraan pelatihan dan workshop
26. Meningkatnya prestasi akreditasi nasional oleh BAN-PT (skala 4) 3,75 Pengelenggaraan workshop