Visi, Misi, dan Tujuan PS-MBSA FAH

VISI PS-MBSA

Tahun 2024 Program Studi Magister Bahasa dan Sastra Arab (PS-MBSA) menjadi Program Studi Magister terkemuka di Asia Tenggara melalui integrasi dan kontekstualisasi ilmu bahasa dan sastra Arab dengan keislaman dan keindonesiaan.

MISI PS-MBSA

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bahasa dan Sastra Arab berbasis kompetensi dan penelitian;
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang bahasa dan Sastra Arab dengan pendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner dan berhubungan dengan Keislaman dan Keindonesiaan;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa dan Sastra Arab, baik untuk kepentingan akademik maupun profesional dalam rangka rekognisi nasional dan

TUJUAN PS-MBSA

Menghasilkan Magister Bahasa dan Sastra Arab yang memiliki kemampuan

  1. Membina dan Mengembangkan ilmu Bahasa dan Sastra Arab yang terintegrasi dan kontekstual dengan keislaman dan keindonesiaan melalui riset inovaif dan teruji;
  2. Mengkritisi dan memecahkan masalah-masalah Bahasa dan Sastra Arab dengan pendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner dan berkontekstualisasi dengan Keislaman dan Keindonesiaan;
  3. Menghubungkan dunia akademisi dengan masyarakat dalam rangka kontribusi nyata bagi pengembangan masyarakat melalui pengetahuan dan tehnologi bidang Bahasa dan Sastra Arab sehingga mendapat pengakuan nasional dan regional.

SASARAN PS-MBSA DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

SASARAN/

Strategi Pencapaian

INDIKATOR TAHUN PENCAPAIAN
2015 2016 2017 2018 2019
Sasaran 1 : Terbina dan berkembamnya ilmu bahasa dan bastra Arab yang terintegrasi dan kontekstual dengan keislaman dan keindonesiaan melalui riset inovaif dan teruji
Strategi Pencapaian
Penguatan kualitas KBM a.     Prosentase kesempuranaan kurikulum, silabi, RPS, dan bahan ajar yang berbasis kompetensi dan riset dan didukung media pembelajaran dengan monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan 80%

 

85% 90% 95% 100%
b.    Terdistribusikannya beban kerja dosen dan terjadwalnya perkuliahan tiap semester 100% 100% 100% 100% 100%
c.     Terselenggaranya berbagai ujian 100% 100% 100% 100% 100%
d.    Terkumpulnya daftar hadir mahasiswa, soal ujian, dan berita acara ujian 100% 100% 100% 100% 100%
Pelatihan peningkatan kompetensi Tendik a.     Jumlah tenaga kependidikan/karyawan yang memiliki soft skill 10 12 16 18 20
  b.    Adanya layanan akademik yang optimal dan memuaskan (skala 4) 3,5 3,55 3,6 3,65 3,7
c.     Indeks kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen (skala 4) 3,5 3,55 3,6 3,65 3,7
Intensitas bimbingan Prosentase mahasiswa lulus tepat waktu dengan IPK 3,25 50% 55% 60% 65% 70%
Pelatihan dan pembinaan paradigma berpikir integratif dan kontekstual melalui workshop dan seminar Prosentase lulusan yang memiliki pola pikir integratif dan kontekstualisasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan 65% 70% 75% 80% 85%
Pelatihan dan pembinaan akademik mahasiswa a.     Jumlah prestasi akademik mahasiswa berskala nasional 2 3 4 6 8
  b.    Jumlah prestasi akademik mahasiswa berskala internsional 2 4 6 8 10
Peninjauan kurikulum dan peningkatan kompetensi mahasiswa Tingkat kepuasaan pemberi kerja terhadap lulusan (0-900) 900
Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan promosi Meningkatnya jumlah mahasiswa 20 25 35 40 55
Sasaran 2 : Adanya sikap kritis dan pemecahan masalah-masalah bahasa dan sastra Arab dengan pendekatan interdisipliner dan/atau multidisipliner dan berkontekstualisasi dengan keislaman dan keindonesiaan
Strategi Pencapaian
Pendampingan penulisan dengan paradigma integratif dan kontekstual Jumlah peneltian dosen yang mengintegrasikan dan mengkontekstualisasikan Bahasa dan Sastra Arab dengan Keislaman dan Keindonesiaan 6 6 6 6 6
Pendampingan penulisan artikel layak terbit di jurnal terakreditasi nasional dan berreputasi internasional a.     Jumlah publikasi di jurnal nasional dan/atau Internasional yang mengintegrasikan dan mengontekstualisasikan Bahasa dan Sastra Arab dengan Keislaman dan Keindonesiaan 4 6 8 10 12
b.    Jumlah publikasi di jurnal nasional dan/atau Internasional yang terkemuka dengan menggunakan pendekatan interdisipliner  dan/ atau multidisipliner 4 6 8 10 12
c.     Jumlah publikasi ilmiah dan karya lain yang mendapat HAKI 4 6 8 10 12
  d.    Jumlah mahasiswa yang diikutsertakan dalam penelitian dosen 3 5 6 7 10
  e.     Jumlah prestasi/reputasi mahasiswa 4 8 15 20 25
Penigkatan kemitraan dengan Lembaga/ Instituasi dalam dan luar negeri a.     Jumlah dosen yang ikut melaksanakan visiting professor/sabbatical leave/joint resersch 2 2 2 2 3
b.    Jumlah dana penelitian (dalam jutaan) 300 400 500 600 700
Sasaran 3 : Tersebarluaskannya riset dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab yang bermanfaat bagi masyarakat akademis dan masyarakat umum serta mendapat pengakuan nasional dan regional
Strategi Pencapaian
Penyelenggaraan studium generale, seminar, workshop, international conference a.     Jumlah tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/ pelatihan, pembicara tamu dari luar 6 7 8 9 10
b.    Jumlah dosen yang menjadi narasumber dalam workshop, studium generale, seminar tingkat nasional 6 6 6 6 6
c.     Jumlah dosen yang menjadi narasumber dalam workshop, studium generale, seminar tingkat internasional 2 3 4 5 6
d.    Jumlah dosen yang berperan dalam masyarakat sebagai pakar/konsultan/staf ahli/nara sumber 6 6 6 6 6
e.     Jumlah dosen yang menjadi anggota asosiasi profesi/ keilmuan 6 6 6 6 6
Implementasi MoU dan peningkatan komitmen bersama Jumlah mitra yang bekerjssama dalam bidang akademi 4 6 8 10 12
Pengelenggaraan FGD Kualitas Pendidikan Meningkatnya prestasi akreditasi nasional oleh BAN-PT (skala 4) 3,75

Selain itu, PS-MBSA juga melakukan kegiatan survey terkait tingkat pemahaman sivitas akademika dan tenaga kependidikan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dijalankan. Laporan kegiatan survey ini bisa diunduh di sini.