Program Magister FAH Mengadakan Workshop dan FGD

Program Magister Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan workshop pengembangan akademik dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan pimpinan fakultas, khususnya dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI).

Acara workshop diadakan pada hari Senin (02 April 2018) dengan narasumber: Prof. Dr. Sukron Kamil, M.Ag. dan Dr. Fuad Jabali, MA. Workshop ini mengangkat tema “Memperkuat Basis Kurikulum dalam Merespon Tantangan Global”. Sesuai tema yang diangkat, workshop tersebut diharapkan bisa menghasilkan kemasan kurikulum yang lebih berorientasi kepada Student Center Learning (SCL) sebagai bagian dari semangat Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada akhirnya, capaian kurikulum tersebut diharapkan mampu menjadi bagian dari prinsip Education for Sustainable Development (EfSD), yaitu pengembangan pendidikan berkelanjutan; yang mampu menopang dan mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya untuk kemajuan bangsa Indonesia secara utuh.

Sementara acara FGD diadakan pada hari Rabu (04 April 2018) dengan narasumber: Dr. Muhammad Farkhan, M.Pd. dan Dr. Budhi Akbar, M.Si. Acara ini mengangkat tema “Memperkuat Budaya dan Mutu Akademik Menuju Penyiapan Kompetensi Global”. Sesuai tema yang diangkat, acara FGD tersebut diharapkan bisa membangun dan memperkuat budaya dan mutu akademik, khususnya di kalangan akademisi dan dosen di Program Magister (S2) FAH UIN Jakarta. Salah satu langkah kongkret adalah pelaksanaan FGD yang difokuskan untuk penyiapan penyiapan akreditasi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (PS-BSA). Target jangka pendek yang diharapkan adalah diperolehnya akreditasi yang lebih baik. Sementara tujuan jangka panjangnya adalah terciptanya budaya dan mutu akademik yang mampu berkompetensi dalam pentas global. Semoga…!!!